KLIK UNTUK CEK HARGA

Jenis UPS Berdasarkan Cara Kerjanya

Menurut prinsip kerjanya UPS dibagi menjadi 2:

1.UPS Offline

Prinsip kerjanya sbb: pada saat UPS mendapat supply dari sumber listrik utama output UPS langsung dari sumber listrik utama. Pada saat sumber listrik utama mati atau diluar range yang telah ditentukan UPS bekerja dari inverter (Pengubah listrik DC dari Battere menjadi Listrik AC 220). Perpindahan dari supply listrik ke supply batere tersebut terdapat waktu pindah (transfer time) +/- 2ms - 4ms yang dapat mengakibatkan komputer restart, hal ini jarang terjadi tetapi masih ada resiko komputer restart.



Ups jenis ini mempunyai kelemahan yaitu jika tegangan input naik turun maka tegangan output dari Ups ini akan naik turun juga. Untuk memperbaiki kelemahan ini maka di buatlah Ups Line Interkative, yaitu dengan menambahkan stabilizer (AVR- Automatic Voltage Regulator) pada saat UPS bekerja dari sumber listrik utama.



2.UPS On Line

Prinsip kerjanya sbb: UPS akan bekerja selalu dari inverter baik UPS bekerja dari sumber listrik utama maupun sumber listrik utama mati (UPS bekerja dari battere). Jadi dikarenakan UPS selalu bekerja dari inverter maka tidak ada transfer time (waku pindah) pada saat perpindahan dari batere ke sumber listrik utama bagitu pula sebaliknya dan tegangan serta frekuensi output UPS juga akan sangat stabil. Pada system online ini pada umumnya terdapat converter AC to DC sebagai pengganti batere pada saat UPS bekerja dari sumber listrik utama. Jadi perpindahan itu terjadi dari converter ke batere atau sebaliknya. Inverternya tetap bekerja untuk mensupplay tegangan AC 220 pada output UPS. Sehingga tidak ada transfer time pada saat perpindahan dari sumber listik utama ke batere atau sebaliknya.



tips-memilih-ups.blogspot.com

Artikel yang berkaitan



Comments :

4 komentar to “Jenis UPS Berdasarkan Cara Kerjanya”

bolehkah kiranya saya bertanya..?? soalna saya da niat mo bli UPS...
saya kepenen pke UPS tp tidak tahu hrus UPS yg bagaimana yg hrus saya beli yg kira2 cocok dengan Komputer>PC saya..
spesifikasi: PSU 500 waat monitor msh crt 15".. listrik rumah kdang2 tp jrang suka turun..

kira2 bgusna pke ups yg brapa VA.. trus merek/tipe apa yg kira2 cocok buat PC saya td..
trimksh,,,

atmasetya mengatakan...
on 

makasih bos amat membantu buat beli ups artikel ini

Anonim mengatakan...
on 

@atmasetya:Kalau power supply anda menggunakan power uspply biasa, dengan beban seperti itu UPS dengan kapasitas 650Va sudah cukup, teta[i jika power supplynya menggunakan yang mempunyai fungsi PFC atau biasanya orang menyebutnya pure power supply sebaiknya menggunakan UPS kapasitas 1200 VA. Merk rekomendasi : Laplace, ICA, APC

blog-ups mengatakan...
on 

Sangat membantu bgi saya yang menempuh ilmu elektronika bang . Makasih

Unknown mengatakan...
on 

Posting Komentar