KLIK UNTUK CEK HARGA

Pentingnya Kualitas Listrik

Pada saat sekarang ini, kita semua tahu bahwa sebagian besar peralatan yang kita gunakan baik di rumah tangga, di kantor ataupun di tempat-tempat umum menggunakan sumber listrik baik sumber listrik yang berasal dari PLN, Generating Set atau dari battery.

Karena semua peralatan listrik dibuat dengan spesifikasi tertentu yang dikaitkan dengan harga ataupun bentuk/dimensi, maka jika sumber listrik yang masuk ke peralatan tersebut tidak sebagaimana yang diisyaratkan, akan berakibat terganggunya ataupun bahkan merusak peralatan tersebut


Perlu pula diketahui bahwa semua peralatan yang bersifat umum selalu membutuhkan listrik yang mempunyai bentuk gelombang sinusoidal dengan tegangan dan frekwensi tertentu. Untuk di Indonesia tegangan pada umumnya 220 Volt dan frekuensi 50 Hz.

Jika sumber listrik tersbut mengalami gangguan baik bentuk gelombangnya, besar tegangan dan frekuensi akan berakibat langsung terhadap baik tidaknya peralatan itu bekerja. Bahkan dapat mengakibatkan kerusakan terhadap peralatan itu sendiri.

Oleh karena itu, peralatan elektronik sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber listrik yang mencatu peralatan tersebut.

Gangguan terhadap sumber listrik tersebut dapat berasal dari sumber listrik itu sendiri, dalam hal ini bisa berasal dari kualitas listrik yang dihasilkan PLN atau berasal dari Generator. Tetapi dapat juga diakibatkan oleh gangguan diluar sumber listrik, yaitu adanya penggunaan peralatan listrik yang lain, misalnya dalam satu gedung, gangguan listrik dapat timbul karena mati/hidup atau saat starting dan mematikan AC (air condition), lift, motor listrik, alat welder, atau peralatan lain yang dalam waktu sangat pendek (sesaat) menarik arus listrik yang besar, atau tiba-tiba pembebanan terhadap sumber listrik dari besar ke beban yang jauh lebih kecil. Hal ini akan menimbulkan gangguan terhadap gelombang dan besarnya tegangan listrik.

tips-memilih-ups.blogspot.com

Artikel yang berkaitan



Comments :

1

okk

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar