KLIK UNTUK CEK HARGA

Alat Untuk Meminimalkan Gangguan Listrik

Oleh karena adanya ganguan listrik yang sudah saya postingkan terlebih dahulu dengan judul Jenis Gangguan listrik, maka telah dibuat alat-alat untuk mengurangi/menghilangkan resiko yang ditimbulkan tadi. Kita mengenal peralatan tersebut berupa :

1. STABILIZER
2. POWER LINE CONDITIONER
3. UPS (Uninterruptible Power Supply)


1. Stabilizer
Peralatan ini dibuat hanya untuk menstabilkan tegangan dari sumber listrik yang tegangannya tidak stabil atau tegangannya kurang atau lebih dari batas yang diisyaratkan.Kita ambil contoh, suatu lokasi yang tegangannya dari sumber listriknya tidak stabil dari 220 Volt kadang-kadang naik menjadi 240 volt, kadang-kadang turun menjadi 180 Volt. Dengan peralatan STABILIZER ini, maka tegangan yang kadang-kadang naik / turun akan menjadi stabil 220 Volt. Apabila sumber listrik mengalami gangguan yang lain, maka STABILIZER ini tidak mampu mengatasi gangguan tersebut.

2. POWER LINE CONDITIONER
Power line Conditioner merupakan peningkatan dari Stabilizer, selain menstabilkan tegangan dari sumber listrik yang tidak stabil peralatan ini dapat pula mengurangi/menghilangkan gangguan-gangguan yang lain seperti masuknya Impulse, Noise, Spike, ke sumber listrik. Ini dapat diatasi karena Power Line Conditioner terdapat trafa isolasi. Ada satu gangguan yang tidak dapat diatasi baik oleh stabilizer maupun Power Line Conditioner, yaitu gangguan terhadap frekwensi yang tidak stabil. Hanya UPS yang dapat mengatasi gangguan tersebut.

3. UPS (UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY)
Peralatan ini merupakan peralatan yang paling sempurna dibandingkan dengan kedua jenis peralatan tersebut diatas. Selain dapat menstabilkan tegangan, rnengurangi / menghilangkan gangguan terhadap gelombang sinusoidal, gangguan terhadap frekwensi, peralatan ini juga memiliki cadangan sumber listrik.

tips-memilih-ups.blogspot.com

Artikel yang berkaitan



Comments :

2 komentar to “Alat Untuk Meminimalkan Gangguan Listrik”

thanks atas informasinya

Anonim mengatakan...
on 

yup sama sama

blog-ups mengatakan...
on 

Posting Komentar